Evaluasi Faktor Internal dan Eksternal dalam Pengembangan Produk Selai: Pendekatan SWOT
Abstract
Dalam konteks bisnis di Indonesia, kompleksitas, persaingan sengit, perubahan yang cepat, dan ketidakpastian menjadi tantangan utama. Hal ini memicu tingkat persaingan antar perusahaan semakin ketat akibat bertambahnya jumlah pesaing, peningkatan pengguna layanan, dan pesatnya perkembangan teknologi.Untuk memastikan kelangsungan dan keunggulan, perusahaan memerlukan strategi yang mencakup aspek kewirausahaan, persaingan, dan fungsional. Fokus pada strategi jangka panjang, terutama dalam menciptakan keuntungan melalui hubungan yang baik dengan konsumen, menjadi kunci. Di Galengdowo, Jombang, potensi pengembangan bisnis dari buah salak, khususnya salak pondoh, mulai diwujudkan melalui inovasi produk seperti selai salak, manisan salak dan kripik salak. Meskipun subur, kurangnya pengolahan buah salak di Desa Galengdowo menjadi tantangan. Selai salak, sebagai produk awetan, muncul sebagai solusi, meskipun dihadapkan pada kendala pemasaran yang kurang strategis. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kendala tersebut dengan menggunakan analisis SWOT dalam pengembangan strategi pemasaran selai salak. Lokasi penelitian berada di Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam, Jombang. Metode analisis SWOT digunakan untuk menganalisis kondisi internal dan eksternal bisnis selai salak. Hasilnya menunjukkan bahwa pengembangan bisnis ini dapat menjadi peluang baru bagi UMKM di Desa Galengdowo dengan memanfaatkan potensi buah salak. Strategi pemasaran yang tepat diperlukan untuk meningkatkan daya saing dan ketahanan ekonomi lokal, menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi petani salak dan pengusaha selai salak.