Strategi Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT Pada Inovasi Produk Permen dari Kulit Pisang di Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang

Authors

  • Shakira Alya Putri Wijaksono UPN "Veteran" Jawa Timur

Keywords:

Pemasaran, Analisis SWOT, UMKM, Permen, Kulit Pisang

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) termasuk salah satu bentuk usaha yang mendukung
perekonomian masyarakat Indonesia. Dalam mendukung perkembangannya, manajemen dan
strategi yang digunakan sangat mempengaruhi keberlangsungan UMKM itu sendiri. Pelaku UMKM
perlu mengantisipasi berbagai hal yang mungkin dapat menjadi penghambat dari usahanya. Analisis
SWOT dapat menjadi alternatif dalam membantu UMKM untuk menentukan strategi pemasaran
dan mengantisipasi perubahan lingkungan bisnis. Analisis SWOT berisi analisis Strength
(Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunities (Peluang), dan Threats (Ancaman). Produk
Permen dari Kulit Pisang di Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam, Jombang membutuhkan
strategi pemasaran menggunakan analisis SWOT agar mempu bersaing dengan UMKM lain yang
sejenis. Kulit pisang menjadi salah satu potensi yang besar karena memiliki kandungan karbohidrat
sebesar 18,5% yang dapat diolah menjadi tepung sebagai bahan pangan yang bermanfaat, salah
satunya adalah permen. Analisis SWOT yang dilakukan akan menghasilkan strategi untuk
memberikan pelatihan dan informasi dari segala aspek UMKM permen dari kulit pisang.

Downloads

Published

2025-01-02

How to Cite

Shakira Alya Putri Wijaksono. (2025). Strategi Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT Pada Inovasi Produk Permen dari Kulit Pisang di Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang. Abdimesin, 4(2). Retrieved from https://radio.upnjatim.ac.id/index.php/abdimesin/article/view/73

Issue

Section

Articles